Selasa, 13 Mei 2008

Notebook Mungil Cocokah Buat Anda?


Mempunya notebook sekarang menjadi sesuatu pemandangan biasa, dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu. Hal ini di disebabkan oleh beberapa faktor antara lain adalah semakin murah dan kompetitifnya harga notebook dipasaran. Dulu untuk membeli laptop baru kita harus merogoh kocek sangat dalam yaitu lebih dari 10 juta. Sekarang dengan seiring berubahnya waktu dengan punya uang kurang dari 5 juta pun kita masih dapat membeli laptop baru dari brand terkenal. namun ini linier dengan fasilitas yang diberikan. tentunya kita sepakat biasanya dengan harga yang lebih mahal kita akan ditawarkan beberapa kelebihan dibandingkan dengan yang lebih murah. setuju!!!!! ga setuju ya gpp hehe..
Nah sekarang beberapa vendor berlomba-lomba merilis beberapa laptop yang mungil dan murah (seperti ee PC dari asus, dan juga zyrek dll). hal ini ditujukan untuk kalangan tertentu. Nah cocokkah produk ini untuk anda? Nah berikut beberapa hal yang mesti anda pertimbangkan sebelum membelinya walaupun harganya cm 3 jutaan.
  • Dengan postur yang mungil tentu ada bebepa hal yang mesti dipertimbangkan yaitu : biasanya produk tersebut tidak menyertakan DVD/CD room. Nah bagi anda yang suka nonton tentunya dengan layar yang kecil 7" dan tidak ada pemutar CD/DVD tentu ini tidak cocok bagi anda. Tapi bisa ko pakai DVD/CD room eksternal! ya itu boleh juga.
  • Selanjutnya Kapasitas Hardisk yang terbatas yaitu sekitar 4 Gb. Nah untuk anda yang biasa download-download dan ingin menginstal banyak program ini ga cukup donk. la wong saya punya 60 Gb aja ga cukup. Tapi bisa ko pake Hardisk eksternal? ya sekali lagi terserah anda.
  • Bagi seorang desain grafis apakah cocok? tentu tidak. seorang desainer memerlukan layar yang lebih lapang tentunya.
  • Nah kalau anda cuma ingin sesuatu yang lebih mobile, ringan, dan bisa ngenet dimana aja (wifi) dan aplikasi standar. Ya tentunya ini cocok bagi anda.
Namun sekarang bebepa vendor telah mengembangkan notebook baru dengan penawaran layar kecil, hardisk besar dan ada CD/DVD drive nya. Sekali lagi sebelum memilih laptop, lihat dulu kebutuhan anda seperti apa. Kenapa dianggarkan dengan harga dan spesifikasi tinggi kalau cuma dipakai buat ngetik doang and gaya-gayaan. lebih baik kan sebagian uang bisa dialokasikan ke yang lain.ok mudah-mudahan bermanfaat.

Tidak ada komentar: